Monday, September 9, 2013

Cara mengatasi Tampilan klasik menu Windows 7

Beberapa hari yang lalu, komputer saya bermasalah, tiba-tiba waktu saya hidupkan komputer, ehhh,, tampilannya kok berubah jadi jadul begini.. saya pun terheran-heran dan mulai mengingat-ingat kesalahan apa yang sudah saya lakukan pada windows sehingga tampilannya berubah sedemikian rupa. Pokoknya tidak enak banget dilihat, tidak elegan gitu deh...

Analisis pertama saya mengatakan bahwa komputer saya terkena virus, maka langsung saya lakukan Full Scanning dengan antivirus, setelah saya restart tampilannya tetap saja begitu. Analisis kedua
saya mengatakan lagi, mungkin karna penggunaan 1-Click cleaner saya sehingga mengubah settingan windows, tapi setelah saya cari settingannya, tidak ketemu. Lanjut ke analisis ketiga, mungkin karena tadi habis mati lampu, sehingga windowsnya error. Tapi entahlah, saya tidak tahu penyebab sebenarnya.

Setelah saya searching ke beberapa situs, barulah ketemu akar permasalahannya. Ternyata settingan windows 7 saya berubah. Mulailah saya melakukan perbaikan seperti berikut:

  1. Klik menu run atau winkey "r" pada keyboard.
  2. Ketik "services.msc" tanpa tanda kutip. Lalu Enter.
  3. Lihat tab sebelah kanan, cari Themes lalu klik 2 kali.
  4. Pada settingan Startup type, pilih "Automatic". Kemudian klik "Start" lalu OK.
  5. Tampilan Windows 7 Sobat telah kembali normal. Mudah kan...??!!


Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung di blog Ar-Media.
http://armediapunya.blogspot.com

105 comments:

  1. TERIMA KASIH sekali. berkat post ini kebingungan saya sudah hilang hihi

    ReplyDelete
  2. thanks banget infonya, akhirnya kehidupanku kembali normal

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak infonya.. bner2 terselamatkan hidupku...hahaha

    ReplyDelete
  4. Punya saya kok masih tetep aja ?? itu kenapa ????tolong

    ReplyDelete
  5. Thx ya bantuannya........

    ReplyDelete
  6. thx yah bantuannya, bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  7. Gan Koq Komputer Saya ga Ada Service,msc nya ?
    Tolong KAsih Tau!

    ReplyDelete
  8. Artikelnya sangat membantu
    Terima kasih ya gan ^_^

    ReplyDelete
  9. tampilanku tetep jadul
    gimana nih min

    perlu diketahui jadulnya karena pakai tune up utility 2014

    ReplyDelete
  10. Terima kasih banyak atas informasinyaaa. Akhirnya tampilan windows 7 saya kembali normal :D

    ReplyDelete
  11. langsung berhasil. thank you :D

    ReplyDelete
  12. makasih banget gan ,artikelnya membantu banget ,,haturnuhun :D ,Keep give solution :)

    ReplyDelete
  13. kalo belum ada yg bisa mungkin tombol start nya gak nyala tapi stop nya yg nyala.coba agan stop dulu,habis itu klik tombol start

    ReplyDelete
  14. Sip. Kebantu bnget. Td nya biar cepet boot nya tapi malah jadi ga menarik.

    ReplyDelete
  15. Sip. Kebantu bnget. Td nya biar cepet boot nya tapi malah jadi ga menarik.

    ReplyDelete
  16. Sip. Kebantu bnget. Td nya biar cepet boot nya tapi malah jadi ga menarik.

    ReplyDelete
  17. sangat membantu
    masalah saya terpecahkan :)
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  18. nah saya mau tanya nih, start nya itu ngga bisa di klik. Persis di foto yg di blog ini. Itu gimana ya?
    Makasih sblmnya

    ReplyDelete
  19. Nggk bsa gan,,,Tombol start ama stopnya nggk bsa d klik gan

    Mohon bntuan nya gan...

    ReplyDelete
  20. Thanks Gan information! Sangat membantu!

    ReplyDelete
  21. Aku pake windows 7 ultimate. pas ganti themes ke hasil themes download, ke install tapi kok berubah jadi classic themes ya? Padahal kalau sesuai dengan yang di download harusnya enggak. Gimana ya?

    ReplyDelete
  22. Thanks Gan , walai]u pake windows xp , tapi bisa jg

    ReplyDelete
  23. pas di start yang keluar windos could not start the themes service on local computer,,, itu gimna..? tolong pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas di start yang keluar windos could not start the themes service on local computer,,, itu gimna..? tolong pencerahan

      Delete
    2. Sama muncul "windos could not start the themes service on local computer" itu gimana ya ?

      Delete
    3. sama aku jg, gmn udah bisa belum?

      Delete
    4. Iya gmana nih cra mengatasi nya?

      Delete
  24. terima kasih ^-^, wah jadi hepi lagi :))

    ReplyDelete
  25. malah klwr error 1075: the dependency service does not exist or has been marked for deletion

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kartika aprilia, coba pakai cara ini, mudah-mudahan bisa normal kembali temanya.

      1. Buka cmd (run as administrator). Caranya klik start, ketik pada bar pencarian "cmd" tanpa tanda petik. Lalu akan muncul tulisan "cmd", kemudian klik kanan, dan pilih run as administrator.

      2. ketik (sc config themes depend= "") tanpa dalam kurung, lalu [ENTER]. Jika muncul pesan "[SC] ChangeServiceConfig SUCCESS" lanjut ke poin 4. Namun, jika munncul pesan "[SC] OpenService FAILED 5:
      Access is denied" lanjut ke poin 3.

      3. ketik "sc qc themes" tanpa tanda petik, lalu [ENTER]. Akan muncul beberapa baris tulisan. Namun perhatikan pada baris DEPENDENCIES yang kosong, menandakan bahwa themes kita sudah terhapus.

      4. Terakhir, ketik "net start themes" tanpa tanda petik, lalu [ENTER]. Lihat hasilnya.

      Semoga membantu ^_^

      Delete
    2. Hallo mas al fakir, bagaimana kalau bagian DEPENDENCIES nya ada tulisan iThemes5? Terima kasih selamat siang

      Delete
    3. Permasalahan kita sama kak., saya ikut nyimak ya.. sambil tetap saya carikan solusinya, nanti kalau bisa, saya share disini juga

      Delete
    4. makasih mas fakir. trik cmd nya success ane coba. makasih banget ini mah

      Delete
    5. sama gan. nyimak juga hehe

      Delete
    6. maaf cuma mau bantu jawab..
      1. coba cmdnya di klik kanan terus di run as administration, terus di ikuti stepnya mas al fakir.. awalnya saya cuma ngeklik doang enggak di run as administration juga muncul dependencies : ithemes5.

      2. kalau nanti setelah ketik "net start themes" tanpa tanda petik, lalu [ENTER]. muncul "system error 1058 has occured" ikuti step awal yang bukan dengan mcd tapi dengan service.

      3. cari themes, setelah itu klik ( di kiri panel) tulisan start the service . InsyaAllah normal kembali..
      semoga bermanfaat..

      Delete
    7. Wah makasih mas fakir sudah berhasil kembali seperti semula

      Delete
    8. makasih banyak mas fakir, cara anda work. makasih ilmu baru !! buat penulis blog ini juga trims. sangat bermanfaat.

      Delete
    9. akhirnya bisa kembali seperti semula, awalnya sih gara2 scan virus pake AVAST sekali direstart tiba2 taskbar di windows 7 saya tiba2 berubah jadi jadul seperti windows XP,saya sudah coba memakai RUN seperti penjelasan diatas, pas ketik services.msc ketika di enter malah eror ,eh sekali coba cara mas Fakir jadi kembali seperti biasa. trimakasih mas fakir.

      Delete
    10. to mas al fakir ilallah, trmksh sudah share caranya, alhamdulillah theme windows saya kembali normal lg :)

      Delete
    11. Al Fakir Ilallah makasih ... cara nya berguna banget ... tampilan laptop sudah cantik lagi, ga klasik membosankan ...

      Delete
  26. gan, aku ko ga bisa yaa , ada keterangan "windows could not start the themes services on local computer" , hiks , eror setelah di scan antivirus beteee, help please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Unknown, coba pakai cara ini. Soalnya aku juga punya masalah seperti ini gara2 abis di scan pakek avira.

      1. Buka cmd (run as administrator). Caranya klik start, ketik pada bar pencarian "cmd" tanpa tanda petik. Lalu akan muncul tulisan "cmd", kemudian klik kanan, dan pilih run as administrator.

      2. ketik (sc config themes depend= "") tanpa dalam kurung, lalu [ENTER]. Jika muncul pesan "[SC] ChangeServiceConfig SUCCESS" lanjut ke poin 4. Namun, jika munncul pesan "[SC] OpenService FAILED 5:
      Access is denied" lanjut ke poin 3.

      3. ketik "sc qc themes" tanpa tanda petik, lalu [ENTER]. Akan muncul beberapa baris tulisan. Namun perhatikan pada baris DEPENDENCIES yang kosong, menandakan bahwa themes kita sudah terhapus.

      4. Terakhir, ketik "net start themes" tanpa tanda petik, lalu [ENTER]. Lihat hasilnya.

      Semoga membantu ^_^

      sumber : http://caturajaib.blogspot.com

      Delete
    2. wow dr sebelumnya uda pake bbrp cara dan error terus akhirnya bisa... thanks mas al fakir ^___^

      Delete
    3. terima kasih banyak gan.... langsung bisa

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Mas, tolong bantu saya. Karena install Avast tampilan windows jadi berubah classic.
      Sudah coba cara Mas Al Fakir diatas, tapi gabisa terus. Tulisannya "is not recognized as an internal or external command operable program or batch file"
      itu kenapa ya mas?
      Tolong bantu ya.

      Makasih

      Delete
    6. Makasih Banyak Gan

      Delete
    7. Terima kasih banyak infonya, Gan. Sangat membatu

      Delete
  27. TRIMS GAN LANCAR JAYA TEMA SAYA KEMBALI LAGI

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Makasih loh mas infonya, sempet panik sih tadi haha

    ReplyDelete
  31. Makasih loh mas infonya, sempet panik sih tadi haha

    ReplyDelete
  32. gan mau nanya kok saya gk bsa ya ? Semua bermula pas AVG Scan virus dan setelah virus dibuang oleh avg, tema langsung menjadi clasic setelah di restart.

    ReplyDelete
  33. Gan ane muncul eror 1057

    ReplyDelete
  34. Tapi kenapa pas ane lakukan kayak mas al fakir pas Poin ke 4 katanya acces denied tolong balas

    ReplyDelete
  35. gan kalo gak mau di start jgak gmna tu gan,, muncul pesan peringatan jgak dia... bales la gan.

    ReplyDelete
  36. Saya sudah mengikuti step dari agan al fakir. Tapi setelah selesai step 2 muncul description panjang gt. Terus saya lanjut ke step 3 malah pas di dependencies nya muncul ithemes5. Itu gimana solusinya ya Gan? Tks

    ReplyDelete
  37. punyaku work 100%, buka link dibawah :)
    https://www.youtube.com/watch?v=zwfgWZnjHhA

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak mas/mba anonymous, video ini sangat membantu laptop saya, terima kasih juga buat yang punya blog ini n teman teman lainnya yang sudah posting komennya...

      Delete
  38. Makasih bgt gan!!!
    Barusan nyoba pake cmd yg run as administrator akhirnya bisa jg kembali ke normal toolbarnyaa.
    Tdna sempet panik tiba2 jd jadul tampilannya gara2 abis scan pake avast -.-

    ReplyDelete
  39. Matur suwun mas bro....infonya membantu bangeett...

    ReplyDelete
  40. Terima kasih agan Al Fakir, setelah dicoba dua kali akhirnya berhasil

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah makasih informasinya mas. Work 100%

    ReplyDelete
  42. Ada kata system error 1068 has occured

    The dependency service or group failed to start

    ReplyDelete
  43. Oke thanks gengss atas solusinya, jadi ga galau lg hihihi

    ReplyDelete
  44. Setelah coba step ke 4 kok ga berubah ya ? Jadinya the requested service has already been started

    ReplyDelete
  45. pas di star kok gak bisa gan ? ada kata error gan ?
    kasih Solusi dong gimana atasih masalah nya

    ReplyDelete
  46. Terima kasih kawan....
    Sangat membantu saya..

    ReplyDelete
  47. Terima kasih kawan...
    Sangat membantu..

    ReplyDelete
  48. Terima kasih kawan...
    Sangat membantu..

    ReplyDelete
  49. saya mau nanya ni, laptop saya harddisknya tidak terbaca, trs setelah di servis hasilnya resolusi maksimalnya hanya 1024 x 768, pdhl sebelumnya tajam. bagaimana mengembalikannya sperti semula? kecerahan layar juga tidak dapat diatur seperti sebelumnya menggunakan shorcut keyboard..

    ReplyDelete
  50. Mas, tolong bantu saya. Karena install Avast tampilan windows jadi berubah classic.
    Sudah coba cara Mas Al Fakir diatas, tapi gabisa terus. Tulisannya "is not recognized as an internal or external command operable program or batch file"
    itu kenapa ya mas?
    Tolong bantu ya.

    Makasih

    ReplyDelete
  51. Trima kasih mas.. sangat membantu

    ReplyDelete
  52. Trima kasih mas.. sangat membantu

    ReplyDelete
  53. mas mau tanya nih , saya kan sudah mengikuti guide diatas , nah pas saya buka Run--> Service.msc pas kebuka service lokalnya ternyata , themes nya gak ada ? gimana ya gan solusi nya ? kebetulan saya pakai windows 7, skg tampilannya jadi classic gitu , mohon advice nyaa terima kasih

    ReplyDelete
  54. Kok gw ga bisa ya min? Minta sarannya dong

    ReplyDelete
  55. Thank U so muchh mimin,,, sangat membantu

    ReplyDelete
  56. Terima kasiiih banyakk, barakallah infonya sangat membantuu:))

    ReplyDelete
  57. Jazakumullah Khairal jaza

    ReplyDelete
  58. Sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  59. makasih bnyk kak.. pdhl ini td udh panik bukan main

    ReplyDelete
  60. Bang kalok masalahnya "windows cannot find 'service.msc'. make sure you typed the name correctly, and then try again"
    Itu gmna ngatasinya bang?

    ReplyDelete
  61. Maaf min kalo tombol "start" nya tidak bisa bagaimana?

    ReplyDelete
  62. Makasih ka, ngebantu banget, ya lord pertamanya takut bgt ngga bisa ngapa ngapain wkwk, tapi setelah liat ini jadi kembali ke semua.. sekali lagi makasih bg

    ReplyDelete
  63. Haturnuhun, sudah dipraktekin , manjur..

    ReplyDelete